Pengobatan Penyakit Cacar Air

Cacar air adalah infeksi penyakit pada kulit yang disebabkan oleh virus yang bernama varisela zoster. Oleh karena itu, penyakit cacar juga dikenal dengan nama varisela. Seperti penyakit pada umumnya yang disebabkan oleh virus, penyakit cacar air juga dapat pulih dengan sendirinya. Kebanyakan penderita cacar air adalah anak di bawah usia 10 tahun, tetapi ada beberapa kasus dimana penyakit ini juga diderita oleh orang dewasa. Bahkan gejala cacar air pada orang dewasa akan lebih berat dibandingkan dengan anak-anak.

Gejala Penyakit Cacar Air

Gejala penyakit cacar air sangat mudah dikenali, yaitu awalnya penderita akan merasa demam dan muncul ruam merah di bagian kulit. Ruam tersebut lama kelamaan akan berubah menjadi bintil-bintil merah yang berisi cairan. Selain itu, penderita juga akan merasa nyeri otot serta sakit kepala. Setelah ruam-ruam tersebut muncul maka penderita akan merasakan gatal. Dapat diketahui bahwa setiap orang tidak mengalami gejala ruam pada daerah yang sama. Ada yang sampai di sekujur tubuh hingga ke bagian muka, ada juga yang hanya pada bagian-bagian tertentu saja.

Proses Penyembuhan Cacar Air

Pada umumnya penderita cacar air hanya dirawat di rumah saja. Hal yang harus diperhatikan adalah penderita cacar air harus istirahat yang cukup serta melakukan usaha untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Salah satunya adalah dengan berusaha untuk mengonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang. Kemudian dengan tetap menjaga kebersihan tubuhnya yaitu mandi dan keringkan tubuh dengan secara perlahan.

Pengobatan untuk cacar air pada dasarnya adalah untuk mengurangi gejala dan menjaga kebersihan kulit agar terhindar dari infeksi. Selain itu, untuk meredakan rasa gatal pada bintil ruam, oleskan saja losion kalamin atau meminum antihistamin. Namun, disarankan sebelum menggunakan obat tersebut konsultasikan dulu dengan dokter agar pemakaiannya lebih aman.

Dalam upaya untuk mengurangi resiko terkenanya bakteri, Anda bisa melakukan langkah berikut diantaranya adalah dengan membersihkan kulit dengan sabun yang bersih. Selain itu juga cuci tanganlah secara rutin. Serta potonglah kuku Anda agar tidak melukai bintil cacar air apabila tidak sengaja ingin menggaruk.

Related posts:

by