Pentingnya Pengadaan Pelatihan K3

Pelatihan K3Tuntutan pekerjaan membuat setiap karyawan selalu berusaha keras untuk bekerja sesuai dengan target per harinya. Hal itu membuat tenaga terforsir yang mana mengakibatkan kinerja bisa saja menurun jika suasana tidak kondusif. Perusahaan selalu mengupayakan pelayanan terbaik untuk karyawannya, salah satunya dengan pelatihan K3. K3 kependekan dari keselamatan dan kesehatan kerja, jika Anda dulu bersekolah di SMK terutama jurusan teknik karena dalam jurusan teknik pasti membahas tentang keselamatan dan kesehatan kerja ini. Saking pentingnya sekolah sampai memasukkannya kedalam materi menjadi satu bab. Siswa sudah dimulai untuk mengetahui pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja karena hal itu sebagai dasar yang harus dipahami.

Pentingnya Pengadaan Pelatihan K3 Sebagai Dasar Keselamatan Kerja?

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan serangkaian usaha untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman, tenteram, aman bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan yang bersangkutan. Sesuai dengan apa yang dimaksud dengan keselamatan dan kesehatan kerja di atas menunjukkan seberapa pentingnya K3 ini untuk diketahui, dipahami dan diterapkan oleh setiap karyawan. Dengan adanya pelatihan K3 mempermudah karyawan untuk mengetahui, dan memahami K3 tersebut. Kadang masih ada yang mempertanyakan untuk apa setiap karyawan harus mengetahui dan memahami K3, padahal kenyataannya tidak ada kecelakaan kerja selama mereka bekerja di perusahaan tersebut. Namun, pelatihan ini ditujukan pada karyawan untuk menjamin keselamatan karyawan, karena dengan kewaspadaan dan ilmu yang dimiliki akan meminimalisir kecelakaan kerja, kemudian K3 ini menjamin keamanan alat yang digunakan pekerja untuk memproduksi produk. Yang mana pastinya selalu ada pengecekan guna mengetahui kelayakan mesin yang digunakan. Dengan adanya perawatan serta pengecekan mesin tersebut diharapkan karyawan bisa memproduksi produk tersebut dengan lancar.

Sesuai dengan undang-undang  nomor 1 tahun 1970 tentang keselamatan tenaga kerja, maka perusahaan berkewajiban menjaga keselamatan dan kesehatan kerja karyawannya yang mana perusahaan tersebut mengupayakannya dengan mengadakan pelatihan seperti ini bagi para karyawan terutama karyawan ahli K3. Dengan begitu perusahaan dapat meminimalisir kecelakaan kerja. Demikian artikel mengenai pentingnya pelatihan K3.

Related posts: