Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jerawat adalah masalah wajah yang banyak sekali dialami oleh orang-orang. Dengan munculnya jerawat di wajah maka menyebabkan aktivitas terhambat. Apalagi jika jerawat tersebut sudah meradang dan menyebar ke seluruh permukaan wajah. Selain itu jerawat juga bisa membuat penampilan menjadi kurang menarik sehingga tidak bisa sempurna. Bahkan jerawat ini memiliki beberapa jenis.

Cara Mengatasi Jerawat di Wajah

Pertama adalah jerawat tidak terlihat. Pada dasarnya jerawat ini merupakan kondisi wajah dimana terdapat peradangan pada sekitar folikel rambut dan kemudian menjadi awal munculnya jerawat. Untuk menangani jerawat ini maka bisa menggunakan bahan-bahan yang memiliki kandungan asam salisilat. Dan apabila pembentukan jerawat pada tahap ini bisa diatasi maka jerawat tidak akan terbentuk merah di permukaan wajah.

Sedangkan pembentukan tahap selanjutnya yakni jerawat sudah membentuk benjolan kecil berwarna merah di permukaan wajah. Dengan demikian berarti pori pori wajah mengalami penyumbatan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan selalu menjaga kondisi wajah agar tetap bersih dari make up dan kotoran yang menempel. Usahakan untuk selalu membersihkan wajah setelah beraktivitas yakni ketika malam hari sehingga jerawat tidak meradang.

Dan biasanya juga akan menuju tahapan pembentukan komedo. Dalam hal ini folikel sudah diisi dengan minyak atau kotoran dan sel-sel kulit yang mati. Dan disini sudah benar-benar terlihat adanya jerawat yang muncul di permukaan wajah. Cara pencegahannya Yakni dengan menggunakan asam salisilat yang mampu membuka folikel tersumbat serta menghilangkan minyak yang ada di pori-pori kulit. Selain itu juga bisa menggunakan benzoil peroksida.

Selanjutnya adalah benjolan yang sudah meradang. Benjolan yang awalnya kecil akan semakin membesar dan meradang sehingga sakit di permukaan wajah. Biasanya di tahapan inilah jerawat ingin sekali dibuang dengan cara memencetnya agar isi di dalam jerawat bisa keluar. Namun hal ini tidak boleh dilakukan karena bisa menyebabkan jerawat tersebut meninggalkan bekas luka yang sulit hilang. Untuk menghilangkan jerawat ini bisa menggunakan bahan-bahan herbal yang aman. Apalagi bahan-bahan tersebut sangat mudah untuk dijumpai sehingga lebih mudah untuk mendapatkannya.

Related posts:

by