Peran LPPM Untuk Masyarakat

lppmSebagai lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat, LPPM tentunya banyak memberikan dampak positif. Kegiatan yang dilakukan berupa penelitian dan pengabdian, sehingga terjun secara langsung dan berinteraksi intensif dengan masyarakat. Peran lembaga ini memang secara tidak langsung sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi jika pihak kampus mengadakan sebuah penelitian ataupun pengabdian khususnya pembinaan kemitraan. Mereka membekali masyarakat dengan berbagai ilmu agar dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Tujuan didirikannya adalah untuk memberikan sebuah pelayanan kepada masyarakat, serta masyarakat mampu menerapkan hasil dari pengabdian yang telah diberikan oleh pihak kampus dengan baik. Dengan memperkaya bidang pengajaran diharapkan mampu menciptakan masyarakat yang kreatif. Ada banyak pusat penelitian dan pengabdian masyarakat, masing-masing mempunyai karakteristik serta tujuan masing-masing sesuai dengan namanya.

Peran Penting LPPM

Lembaga ini memang dikhususkan untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat, otomatis harus mampu berperan optimal. Sebagai contoh sederhana, para mahasiswa yang memberikan pengabdian dalam sebuah kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Dari kegiatan tersebut mahasiswa dituntut dapat berperan aktif ditengah masyarakat, khususnya untuk masyarakat pedesaan. Kegiatan KKN ini bekerja sama dengan pihak lembaga ini tentunya. Mereka melakukan berbagai macam pengabdian di suatu desa seperti ikut membenahi sesuatu yang kurang ditempat tersebut. Bisa dengan membantu mengajar disekolah sekolah, serta berbagai macam kegiatan kemasyarakatan lainnya. Contoh lainnya dalam bidang penelitian yaitu, mahasiswa mampu memberdayakan potensi alam suatu desa. Dengan membekali ilmu kewirausahaan pada masyarakat sekitar penelitian. Kegiatan ini tentunya diawasi oleh pihak dosen serta Lembaga tersebut. Begitu juga dengan STMIK AMIKOM Riau, mereka tentunya kan melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian sesuai dengan standar kampus mereka. Agar ilmu yang mereka dapatkan selama ini dapat diterapkan dan bermanfaat untuk masyarakat. Untuk melihat beragam kegiatan yang sudah dilakukan oleh lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat AMIK Riau, Anda bisa membuka website LPPM melalui internet.

Biasanya LPPM ini mengkoordinasi dan juga dapat mentransfer teknologi dalam suatu kegiatan pengembangan unit usaha yang menghasilkan suatu produk. Produk tersebut merupakan hasil kreativitas serta inovasi dari pihak kampus yang mengadakan suatu penelitian dan juga pengabdian ditempat tersebut. Memberdayakan sumber daya yang ada agar menjadi sesuatu yang bermanfaat serta berkelanjutan dikemudian hari. Adanya beberapa titik pusat penelitian yang digunakan. Mereka biasanya membantu para mitra yang masih kurang berkembang, dengan membekali ilmu dan ketrampilan. Sehingga kemitraan tersebut dapat berjalan lebih maju dari sebelumnya. Maka dari itu lembaga ini sangat berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Related posts: