Perbedaan Telur Grosir Telur Ayam Jogja

Grosir Telur AyamDi Indonesia memang dikenal ada 2 macam telur ayam yaitu telur ayam kampung dan telur ayam negeri yang dijual dari grosir telur ayam Jogja. Baik telur ayam kampung ataupun negeri memiliki bentuk dan warna yang berbeda sehingga tidak akan sulit untuk membedakannya. Telur ayam kampung dana yang negeri sama-sama bisa diolah menjadi jenis masakan yang sama. Rasanya memang lebih gurih telur ayam kampung. Akan tetapi banyak peternak yang berbuat curang dengan membuat telur ayam negeri menjadi telur ayam kampung dengan berbagai cara merekayasa telur ayam negeri tersebut. Sebab sebagian masyarakat lebih mengonsumsi telur ayam kampung ketimbang telur ayam negeri.

Ciri Telur Ayam Kampung Yang Berbeda Dengan Telur Dari Grosir Telur Ayam Jogja

Ciri yang jelas terlihat dari telur ayam kampung adalah bentuknya lebih kecil daripada telur ayam negeri seperti dari grosir telur ayam Jogja. Harganya juga lebih mahal sedikit dari telur ayam negeri. Warna cangkangnya putih krem yang jauh berbeda dari telur ayam negeri yang berwarna coklat muda atau coklat tua. Jika pada telur ayam kampung palsu yang juga berwarna putih maka dilakukan proses pemutihan dengan menggunakan klorin yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh. Warna kuning telurnya yang mendekati orange atau kuning kemerahan namun pada telur palsu maka akan berwarna kuning pucat bahkan cenderung putih karena efek proses pemutihan kulit telur.

Ciri selanjutnya adalah besarnya kuning telur ayam kampung lebih besar dan berbau amis karena tingkat kandungan proteinnya cukup tinggi dibandingkan dengan kuning telur ayam negeri. Tekstur kulit dari cangkang telur ayam kampung lebih halus dari kulit telur ayam negeri. Meskipun telur ayam kampung lebih mahal harganya namun banyak masyarakat yang mengonsumsi telur ayam kampung daripada telur ayam negeri. Hal inilah yang akhirnya timbul penipuan dengan membuat telur ayam negeri dari grosir telur ayam Jogja menjadi telur ayam kampung. Sehingga masyarakat harus lebih berhati-hati dalam memilih dan membeli telur ayam kampung.

Related posts: