Proses Pemijahan Ikan Nila

cipanasfarmIkan air tawar adalah ikan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi. Selain rasanya yang enak, ikan air tawar juga mengandung banyak nutrisi, mudah diperoleh, serta harganya yang murah. Banyaknya permintaan akan jenis ikan air tawar tertentu membuat banyak orang yang melakukan budidaya pada ikan air tawar. Salah satu jenis ikan air tawar yang kerap dibudidaya adalah ikan nila. Anda akan menemukan berbagai macam tips perikanan mengenai budidaya ikan yang satu ini, baik dari buku ataupun dari internet.

Bagaimana Proses Pemijahan Ikan Nila?

Salah satu tahapan penting dalam tips perikanan mengenai budidaya ikan nila adalah proses pemijahan ikan nila. Proses pemijahan bertujuan untuk memperoleh benih-benih ikan nila dari indukkannya. Sebelum melakukan pemijahan, ha pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih ikan nila yang akan Anda jadikan sebagai induk ikan. Pastikan ikan tersebut telah cukup umur serta telah siap untuk proses pemijahan. Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan kola yang akan Anda jadikan sebagai tempat pemijahan ikan nila. Pastikan kolam yang akan Anda gunakan sudah diberi dengan nutrisi alami yang nantinya akan menjadi sumber makanan bagi para benih ikan. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan ikan tersebut ke dalam kolam pemijahan. Anda harus memastikan bahwa padat tebar ikan dalam pemijahan sebesar 1 m2 untuk 1 ekor ikan. Gunakan perbandingan 1 jantan dan 3 betina.

Langkah selanjutnya adalah dengan membiarkan proses pemijahan terjadi, biasanya akan terjadi selama 7 hari dan selama proses itu terjadi maka Anda harus memberikan pakan yang cukup bagi ikan tersebut. Setelah proses pemijahan terjadi, betina akan bertelur dan telurnya akan dibuahi oleh ikan jantan. Telur-telur tersebut akan dimasukkan ke dalam mulut ikan betina. Proses pembuahan biasanya terjadi selama 7 hari. Setelah 7 hari, telur akan menetas dan kemudian akan memakan berbagai macam nutrisi alami di kolam. Larva ikan akan naik ke permukaan dan pada saat itu, Anda dapat mengambil ikan-ikan tersebut. Demikian cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pemijahan. Untuk memperoleh berbagai macam informasi perikanan lainnya, Anda dapat mengunjungi cipanasfarm.com.

Related posts: