Proses Printing Kain Teknik Sublimasi

Salah satu teknik printing yang masih sering kali dilakukan adalah teknik sublimasi. Teknik sublimasi merupakan teknik printing kain yang mengharuskan adanya media pengantar tinta sebelum dicetak di atas kain. Dari definisi tersebut dapat kita ketahui bahwa teknik sublimation memerlukan beberapa alat agar proses ini dapat berjalan. Satu yang pasti dibutuhkan adalah mesin printer, yang kedua adalah sublimation paper, serta tinta khusus untuk kain jenis polyester yang sering disebut tinta disperse.

Proses Printing Kain Dengan Teknik Sublimasi

Pada teknik yang satu ini memang dibutuhkan bahan dan peralatan khusus agar hasil printing dapat maksimal. Proses printing dengan teknik sublimasi memiliki kelebihan pada warnanya yang terang. Selain itu, kualitas design yang sudah jadi juga sangat berkualitas karena sangat tahan lama. Bagaimana proses teknik sublimasi? Berikut tahapan proses teknik sublimasi yang akan dijelaskan secara singkat.

  1. Design

Hal paling awal yang harus dilakukan untuk membuat kaos printing adalah membuat design. Design dibuat semenarik mungkin agar hasil kaos terlihat bagus dan juga menarik. Jika Anda memiliki kemampuan mendesain, tak ada salahnya jika Anda memanfaatkannya untuk membuat design pakaian yang unik dan menarik. Jika Anda kurang berpengalaman dalam hal design, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi design di Playstore. Aplikasi design tersebut akan sangat memantu Anda dalam mendesain kaos impian Anda.

  1. Print design

Setelah design selesai dan sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah mencetak design kaos ke kertas khusus. Kertas tersebut disebut dengan sublimation paper yang mengandung bahan polyester diatasnya sehingga sangat cocok digunakan. Sebelum diprint, pastikan tatanan design pas dengan ukuran ketas sublimasi. Setelahnya print menggunakan mesin printer khusus agar hasil sesuai dengan apa yang diharapkan.  Jangan lupa untuk menggunakan tinta khusus disperse untuk mencetaknya.

  1. Transfer gambar

Setelah langkah kedua terlewati, maka tahap terakhir adalah transfer gambar dari kertas sublimasi ke kain. Desain pada kain sublimasi akan dilapisi dengan selembar kain yang kemudian ditekan dengan alat khusus yang mengeluarkan panas dengan suhu yang telah diatur. Proses transfer akan terjadi pada proses tersebut. untuk melihat hasilnya, Anda dapat membuka situs Kreons.com.

Related posts: