Resep Jajanan Indonesia Wajik Legit Hijau

resep masakanMakanan khas Indonesia ada banyak sekali salah satunya adalah kue wajik. Kue wajik adalah jenis kue yang biasa dihidangkan diacara tertentu seperti hari Raya Idul Fitri maupun hajatan. Kue wajik legit hijau adalah resep masakan Indonesia dengan bahan dasar ketan, gula pasir dan menggunakan daun pandan sebagai pewarna alami. Kue wajik biasanya berwarna coklat karena menggunakan gula Jawa. Kue tradisional ini mempunyai rasa yang manis atau legit dalam bahasa Jawa. Saat ini banyak kreasi bentuk wajik tetapi cara membuatnya tetap sama. Kue ini banyak juga dijumpai dipasar-pasar tradisional tetapi dengan cara pembuatan dan bahan yang sederhana, kue ini dapat disajikan di rumah untuk hidangan sehari-hari.

Kreasi Kue Wajik Dan Resep Masakan Kue Wajik Legit Hijau

Seiring perkembangan zaman wajik mulai banyak kreasi bentuk dan warnanya dari bahan-bahan alami. seperti wajik ungu, wajik merah, wajik coklat dan wajik hijau. Cara membuat kue wajik ini dibilang sangat mudah sama seperti kue ketan yang lainnya. Resep masakan Indonesia wajik hijau legit ini menggunakan bahan beras ketan putih, santan, gula pasir, daun pandan dan pasta pandan. Bahan-bahan tersebut sangat mudah diperoleh dipasar tradisional.

Cara untuk membuatnya yang pertama beras ketan direndam dalam air yang diberi pasta pandan untuk merubah warna beras menjadi hijau selama kurang lebih 3 jam. Kedua setelah direndam, tiriskan beras ketan putih dari air rendaman kemudian dikukus sampai empuk kurang lebih 25-30 menit. Ketiga siapkan santan yang sudah diblender dan ditambahkan daun pandan untuk menambah aroma. Keempat yaitu siapkan wajan untuk merebus santan dan daun pandan yang dilipat kemudian ditambahkan gula pasir sesuai dengan selera yang diinginkan. Tutup wajan dan ditunggu hingga mendidih. Kelima yaitu beras ketan yang sudah dikukus dimasukkan ke dalam santan yang sedang direbus dan diaduk hingga beras ketan menjadi tanak. Terakhir yaitu ketan dimasukkan ke dalam loyang cetakan dan ditekan-tekan agar memadat dan siap disajikan. Tidak sulit bukan resep jajanan sederhana ini sekaligus untuk melestarikan jajanan tradisional Indonesia yang mulai hilang. Resep makanan khas Indonesia yang lainya dapat Anda lihat dari web www.masakan.info untuk menambah kreasi jajanan Indonesia yang lainnya.

Related posts: