SIUP Untuk Izin Usaha

SIUP singkatan dari surat izin usaha perdagangan, merupakan surat yang digunakan untuk melegalkan segala macam bisnis yang kita bangun agar usaha kita tersebut diakui dan dilindungi oleh badan pemerintah.  Setiap perusahaan atau jenis usaha apa pun pasti memiliki SIUP.

Jenis SIUP

Dalam pembuatan izin usaha, SIUP dibagi menjadi 3 jenis sesuai dengan besarnya modal usaha. Pertama SIUP besar, ini adalah SIUP untuk perusahaan dengan skala besar yang mana modalnya juga lebih dari 500 juta rupiah. Lalu yang kedua SIUP menengah, ini untuk perusahaan dengan modal usaha berskala standart dengan modal diantara 200 sampai 500 juta rupiah.

Dan yang terakhir adalah SIUP kecil, ini untuk perusahaan berskala kecil. Yang mana modal dan keuntungan pemilik saham tidak lebih dari 200 juta rupiah. Untuk pembuatan nya sendiri SIUP dapat diurus di kantor dinas perdagangan setara kota madya atau kabupaten atau bisa juga dikantor pelayanan perizinan setempat BP2T.

Untuk persyaratan administrasi yang harus dilakukan, SIUP juga dibagi menjadi beberapa tipe sesuai dengan jenis perusahaan nya. Misalnya untuk koperasi, Anda harus mengumpulkan berbagai macam dokumen seperti NPWP, SK usaha, Akta usaha, neraca koperasi, data diri direktur, dan materai 6000 rupiah.

Lain lagi jika untuk perusahaan berskala besar, selain persyaratan diatas; Anda juga harus menyiapkan surat perizinan dari hukum dan ham, lalu surat izin gangguan, data diri semua keluarga inti pemegang saham, dan izin prinsip. Kenapa terlihat lebih rumit? Ya karena perusahaan biasanya berskala besar, jadi mereka juga butuh lebih banyak persyaratan agar bisa dilindungi sepenuhnya oleh pemerintah.

Demikianlah beberapa jabaran mengenai SIUP, SIUP ini bersifat wajib. Jadi bagi Anda yang sudah memiliki usaha tapi belum memiliki SIUP, buatlah SIUP agar dalam menjalani usaha Anda juga merasa aman dan tenang. Untuk mengetahui lebih detail tentang pembuatan izin usaha, silahkan klik link yang tertera di kolom ini.

Related posts: