Struktur Pemerintahan Desa Secara Singkat

Indonesia merupakan Negara berbasis hukum yang telah memiliki pembagian wilayah yang tentunya sudah diatur di dalam Undang-Undang Dasar. Desa menjadi salah satu di bawah kelurahan yang memiliki struktur pemerintahan sendiri untuk menjalankan pemerintahannya. Terdapat beberapa Rukun Tangga, dan juga Rukun Warga yang berada di bawahnya secara langsung. Wilayah yang satu ini memiliki wewenang untuk mengatur, dan mengurus kepentingan masyarakatnya serta memiliki aturan dan adat istiadat tersendiri yang diakui oleh Negara. Berikut ini beberapa struktur pemerintahan yang menjalankannya.

Kades

Kades merupakan seseorang yang ditunjuk sebagai ketua atau kepala pemerintahan pedesaan yang berkedudukan langsung di bawah Bupati. Kades bahkan bertanggung jawab langsung kepada Camat dan Bupati. Tugas dari seorang Kades adalah menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat dengan sebaik mungkin. Kades memiliki wewenang untuk membuat Peraturan Desa bersama BPD.

Wakil Kades

Wakil Kades bertugas untuk membantu dan mendampingi Kades dalam menjalankan pemerintahannya. Wakil Kades juga harus bisa menggantikan posisi Kades ketika beliau tidak berada di tempat. Wakil Kades juga harus siap ditunjuk sebagai Kades, ketika Kades terbukti melakukan tindak pidana dan harus segera mempertanggungjawabkan perbuatannya di pihak berwajib.

BPD

Lembaga tingkat pedesaan memiliki anggota perwakilan masyarakat diantaranya pemuka agama, ketua RW, golongan profesi, pemangku adat, dan tokoh lainnya. Lembaga ini memiliki tugas yang berhubungan dengan Kades untuk kepentingan masyarakat luas. tugas yang pertama adalah membuat peraturan bersama Kades. Selain itu, BPD juga memiliki tugas untuk menyalurkan pendapat dan aspirasi masyarakat agar didengar oleh pemerintah yang berwenang.

Sekdes

Sekdes merupakan bagian pemerintahan yang bertugas untuk membantu Kades dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Sekdes memiliki tugas utama untuk membuat semua yang berhubungan dengan ketatausahaan dalam berbagai bidang. Bidang tersebut seperti keuangan, administrasi, dan lain sebagainya. Permasalahan surat menyurat, arsip, dan laporan merupakan tugas utama dari seorang Sekdes. Sekdes juga memiliki tugas seperti Kades jika beliau maupun Wakil Kades tidak dapat datang atau tidak berada di tempat. Tugas lain dari Sekdes juga untuk mengkoordinasi pelaksanaan tugas Kepala Desa.

Related posts: