Tahapan Dan Doa Mandi Wajib Haid

doa mandi wajibMenstruasi atau yang biasa juga disebut dengan haid merupakan suatu masa dimana sel telur yang tidak dibuahi meluruh bersama dengan darah. Pada masa ini, seorang wanita Islam tidak diperkenankan untuk melakukan ibadah sholat serta tidak diwajibkan untuk mengqadha sholat yang ditinggalkan tersebut. Selain itu, tidak pula diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa, akan tetapi diwajibkan untuk membayar puasa di kemudian hari. Dalam Islam, wanita yang berada dalam masa haid dan telah menyelesaikan masa tersebut, maka diwajibkan bagiannya mandi wajib haid. Haid terjadi umumnya 1 bulan sekali, jadi mandi wajib pada umumnya juga dilaksanakan 1 bulan sekali. Sudah sewajarnya bagi seorang wanita muslim mengetahui tata cara dalam melakukan mandi wajib haid dan doa mandi wajib haid yang sesuai dengan syariat Islam. Tata cara mandi wajib haid harus diketahui dengan benar agar proses ibadah selanjutnya dapat dianggap sah.

Bagaimana Tahapan Dan Doa Mandi Wajib Haid?

Ada beberapa tahapan mandi wajib dan doa mandi wajib haid yang dapat Anda lakukan untuk mandi wajib haid. Tahapan yang pertama adalah dengan menggunakan air dan daun bidara untuk melakukan mandi wajib.  Selain menjadi salah satu yang diisyaratkan oleh Nabi Muhammad SAW, daun yang satu ini juga berfungsi sebagai antibakteri, antioksidan, antiseptik, dan dapat digunakan untuk memperbaiki sel rusak. Jika Anda tidak menemukan daun bidara maka dapat digantikan dengan sabun. Tahapan yang kedua adalah dengan berwudhu. Tata cara dalam berwudhu, sama halnya ketika Anda berwudhu di saat akan menjalankan sholat. Tahapan yang ketiga adalah dengan mengguyurkan air ke kepala. Anda juga diharuskan untuk menggosok kepala dengan tujuan agar air mampu mencapai ke pori-pori kepala.

Tahapan yang keempat adalah dengan membasuhkan air ke seluruh bagian tubuh. Ketika Anda membasuh seluruh bagian tubuh, maka diutamakan membasuh tubuh bagan kanan terlebih dahulu. Anda juga harus memastikan bahwa seluruh bagian tubuh terbasahi oleh air. Tahapan yang kelima adalah dengan mengeringkan bagian tubuh dengan menggunakan kain, handuk, dan lain sebagainya. Untuk pembacaan doa mandi wajib haid dilakukan ketika melakukan basuhan yang pertama. Demikian beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan ketika melakukan mandi wajib haid.

Related posts: