Taman Nasional, Tempat Konservasi Sekaligus Edukasi

Keberadaan taman nasional di suatu negara merupakan aset berharga yang harus terus diadakan. Taman nasional memiliki berbagai fungsi yang bisa digunakan dalam berbagai aspek, mulai dari konservasi dan juga edukasi. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa taman nasional yang terletak di hampir semua wilayah. Salah satu taman nasional yang juga dijadikan tempat konservasi adalah taman Nasional Tanjung Puting yang berada di Kalimantan Tengah.

Fungsi Konservasi

Konservasi adalah kegiatan pemeliharaan dan perlindungan yang difungsikan untuk mencegah kerusakan dan kepunahan. Hampir di semua taman nasional yang berada di berbagai wilayah di Indonesia memiliki fungsi konservasi. Mulai dari konservasi binatang, konservasi tumbuhan sampai konservasi situs-situs peninggalan jaman purba. Memang sudah menjadi salah satu fungsi dari taman nasional untuk dijadikan tempat konservasi.

Taman nasional bukit barisan selatan misalnya yang juga memiliki fungsi sebagai cagar alam untuk melindungi tumbuhan rafflesia. Taman nasional candi Borobudur memiliki fungsiĀ  sebagai konservasi situs warisan dunia candi Borobudur. Atau taman nasional tanjung puting yang juga memiliki tanggung jawab konservasi orangutan dari kepunahan. Dan masih banyak lagi tumbuhan, binatang dan situs yang dilindungi di taman nasional.

Fungsi Pendidikan

Selain difungsikan sebagai cagar alam atau cagar budaya untuk melindungi tumbuhan, binatang dan kebudayaan dari kepunahan, taman nasional juga memiliki satu fungsi yang tidak kalah penting yaitu sebagai sumber keilmuan. Taman nasional bukit barisan selatan misalnya yang melindungi bunga rafflesia, selain melindungi taman nasional ini juga berfungsi memberikan tempat seluas-luasnya bagi kegiatan penelitian. Maka tidak heran jika taman nasional juga banyak dikunjungi oleh para ilmuwan.

Selain untuk kegiatan penelitian, fungsi pendidikan lain dari taman nasional adalah sebagai salah satu tujuan study tour. Di taman nasional candi Borobudur misalnya siswa yang berkunjung bisa belajar peradaban Jawa, atau belajar mengenai bagaimana agama Hindu berkembang di bumi nusantara. Atau di taman nasional tanjung puting habitat bagi sebagian species orangutan binatang yang terancam kepunahan, siswa bisa belajar bagaimana konservasi binatang langka atau sekedar melihat anatomi tubuh binatang langka endemik Indonesia ini.

Related posts:

by