Tanggalan Jawa Permudah Mengetahui Pasaran Jawa

kalender jawaTanggalan Jawa yang dicanangkan oleh Sultan Agung dari Mataram ini hingga saat ini tetap bertahan eksistensinya untuk digunakan sebagai penentu waktu dalam suatu kegiatan. Banyak orang yang lebih suka menggunakan hari pasaran yang berjumlah lima, yaitu legi, pahing, pon, wage, dan kliwon yang dibarengkan dengan hari di kalender hijriah. Misalnya kajian oleh majelis taklim yang diadakan setiap hari Ahad Legi dan Amal Pon, dan sebagainya. Hal ini tentu akan lebih rumit diingat oleh sebagian orang yang tidak hafal dengan penanggalan Jawa. Jika tidak melihat kalender, tentunya tidak akan tahu pasaran hari ini apa. Tentunya dibutuhkan kalender yang praktis digunakan untuk melihat penanggalan Jawa sewaktu-waktu tidak perlu melihat ke kalender yang ada di rumah.

Mudah Mengetahui Pasaran Pada Tanggalan Jawa

Memiliki kalender praktis tersebut tentunya tidak hanya sekedar menggunakan kalender kecil yang bersamaan dengan buku agenda Anda atau kalender duduk yang ukurannya tidak terlalu besar. Ada kalender yang lebih praktis yang dapat Anda dapatkan seperti dengan mengunduh aplikasi kalender, sehingga Anda dapat melihat kalender baik dalam tanggalan Jawa maupun dalam melihat pasaran apa hari ini, sehingga Anda bisa langsung melist agenda apa saja yang akan Anda lakukan hari ini. Tentunya hal ini akan lebih praktis dan hemat waktu.

Ada lima pasaran di dalam tanggalan Jawa yang tentunya sudah Anda hafal tetapi jika ditanya sekarang pasarannya apa, barang kali Anda akan kebingungan karena yang sering ditanyakan ada hari apa sekarang? Bukan pasarannya. Dari berapa pasaran tersebut merupakan hari-hari yang sering pula digunakan untuk menentukan suatu kegiatan seperti hari para penjual di pasar menjajakan dagangan mereka, seperti pasar yang hanya buka pada pasaran wage, pasar hewan yang buka setiap pasaran legi, bahkan ada penjual roti yang sudah terkenal enak cita rasanya menyetorkan dagangannya setiap pasaran wage. Maka dari itu, untuk mempermudah Anda dalam melihat pasaran apa hari ini, Anda dapat menggunakan aplikasi kalender yang akan terinstal rapi di smartphone Anda.

Related posts: