Terasi Baik Bagi Kesehatan?

tips kesehatanOrang Indonesia mana sih yang nggak kenal dengan terasi. Sebagai salah satu bahan atau bumbu masakan yang sangat populer dan sering digunakan untuk sambal ini memiliki citarasa yang khas. Bahkan selain lezat, terasi ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Merupakan salah satu bumbu dapur yang cukup populer ini membuat siapa saja pasti akan ketagihan ketika mencampurkannya ke dalam masakan tertentu. Terbuat dari fermentasi udang dan banyak masyarakat kita yang membuatnya secara tradisional khususnya di daerah pesisir pantai. Walaupun sudah banyak pabrik modern, namun pengolahan secara tradisional tetap dipertahankan demi menjaga citarasa alaminya.

Pilih Terasi Yang Terbaik

Kebanyakan masyarakat kita memang memanfaatkan terasi sebagai bahan campuran untuk mengolah sambal. Selain membuat sambal tersebut menjadi semakin nikmat dan lezat, kandungan udang yang memang sangat baik bagi kesehatan bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Yaitu dengan adanya bahan baku udang ini tentunya banyak kandungan vitamin B dan D serta tidak ketinggalan juga protein. Adapun kandungan lemak jenuh dalam terasi ini juga sedikit. Namun, tentu saja fakta dibalik warna terasi yang menarik tersebut tidak jarang orang yang menggunakan pewarna buatan yang tidak sehat atau tidak sesuai dengan anjuran BPOM. Dengan begitu, Anda pun harus cermat untuk memilih terasi yang benar-benar baik.

Teliti dalam membeli dan cermat dalam menggunakan adalah kunci untuk mendapatkan manfaat dari terasi ini. Sebagai salah satu bumbu yang paling digemari dan sering digunakan pada masakan Indonesia termasuk sambal ini memang memberikan citarasa tersendiri. Tentu saja, pemilihan produk terasi yang tepat perlu Anda lakukan. Cobalah untuk tidak membeli terasi yang tidak memiliki ijin dari BPOM. Karena, beberapa fakta menunjukkan bahwa ada terasi yang menggunakan pewarna buatan yang dilarang untuk digunakan dalam makanan. Dengan pemilihan yang tepat, selain aman tentu saja Anda bisa memberikan kenikmatan tersendiri bagi masakan yang Anda olah dan tidak ketinggalan juga manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

Related posts: