Tips Mencegah Diabetes Terupdate

Diabetes adalah salah satu penyakit yang serius yang dalam beberapa tahun ini kasusnya meningkat. Penyakit diabetes muncul akibat kadar gula darah meningkat tajam. Glukosa memang dibutuhkan tubuh sebagai sumberĀ  energi, namun jika gula darah terlampau tinggi, maka akan berakibat buruk pada kinerja organ tubuh. Untuk mencegah diabetes, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan.

Cara Mencegah Diabetes Sejak Dini

  • Jangan melupakan sarapan

Jarang sarapan menjadi salah satu kebiasaan pemicu timbulnya penyakit diabetes. Suatu penelitian menyatakan bahwa seseorang yang sarapannya teratur memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dibanding yang jarang sarapan. Maka dari itu, jangan sesekali lewatkan sarapan pagi Anda.

  • Aktif bergerak

Malas bergerak atau melakukan aktivitas fisik bisa meningkatkan kadar gula darah Anda. Dengan aktif bergerak, kadar gula darah justru akan menurun dan sensitivitas insulin meningkat. Aktivitas kecil seperti jalan kaki setiap hari bisa menjadi salah satu alternatif agar Anda selalu bergerak.

  • Hindari minuman manis

Minuman manis atau minuman dengan kandungan gula yang sangat tinggi seperti teh manis, minuman bersoda, susu kental manis dan minuman manis yang lain tak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Daripada mengonsumsi minuman tinggi gula dan membuat Anda terkena diabetes, lebih baik untuk mengonsumsi air putih paling tidak 8 gelas/hari.

  • Hindari stres

Stres dapat meningkatkan hormon di tubuh yang mampu meningkatkan kadar glukosa dalam darah sehingga lebih baik hindarilah stres. Jika tidak bisa dihindari, maka Anda harus bisa mengelolanya dengan baik.

  • Penuhi kebutuhan vitamin D

Vitamin D memiliki peran dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Maka dari itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin D baik melalui asupan makanan ataupun dengan berjemur di bawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi.

  • Istirahat yang cukup

Penuhi kebutuhan Anda untuk beristirahat dengan tidur minimal 6-8 jam/hari. Kekurangan tidur akan membuat metabolisme tubuh terganggu dan merangsang rasa lapar. Rasa lapar tersebut nantinya membuat Anda mengonsumsi banyak makanan dan gula darah tidak terkontrol.

Nah demikianlah pembahasan mengenai langkah pencegahan terhadap penyakit diabetes. Sayangi tubuh Anda dan jauhkan dari segala penyebab penyakit.

Related posts: