Tips Mengobati Diare Secara Alami

tips kesehatanDiare, penyakit ringan tapi merepotkan karena pencernaan yang bermasalah menjadikan Anda wajib bolak-balik toilet. Lebih parahnya diare dapat mengakibatkan Anda dehidrasi sehingga tubuh lemas, kalau sudah seperti ini biasanya perlu ke rumah sakit. Nah, sebelum diare makin parah ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang dapat mengobati diare. Yuk, simak tips mengobati diare secara alami.

Tips Mengobati Diare Secara Alami

Sebenarnya sangat mudah tips mengobati diare karena penyebab diare ialah infeksi virus, konsumsi makanan dan minuman terkontaminasi. Jadi Anda hanya perlu mengonsumsi makanan yang membantu memulihkan pencernaan Anda. Makanan tersebut antara lain yaitu yang pertama pisang, karena pisang mengandung pektin tinggi dimana pektin berfungsi memadatkan feses dan kalium yang dapat membatu pencernaan. Kedua yoghurt, kandungan yoghurt ini dapat menghancurkan bakteri buruk yang terdapat dalam usus sehingga pencernaan membaik. Mengonsumsi dua gelas atau kemasan yoghurt per hari dapat meredakan keluhan diare. Ketiga jahe, memang khasiat jahe sudah tidak diragukan lagi karena beberapa penyakit dapat diobati oleh jahe. Untuk mengobati diare dengan jahe dilakukan dengan cara minum teh jahe dua sampai tiga kali sehari. Keempat sop wortel, jika terkena diare maka sop wortel setiap hari akan memulihkan pencernaan Anda. Sup wortel sangat baik untuk anak-anak memulihkan diri dari diare karena memberikan nutrisi penting yang hilang selama diare. Kelima banyak minum, untuk menghindari dehidrasi karena hilangnya cairan dalam tubuh pada saat diare ada baiknya memperbanyak minum. Pastikan Anda menghindari minuman berkafein, beralkohol, minuman asam seperti jus tomat, jus jeruk dan kuah masakan yang terasa pedas atau makanan pedas lainnya agar pencernaan Anda tidak semakin memburuk.

Demikian tips mengobati diare mengenai beberapa makanan yang dapat mengobati diare, semoga dapat menjadi referensi jika Anda mengalami diare. Jika makanan tersebut dapat mengobati diare maka Anda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan. Terlebih makanan tersebut sangat mudah ditemukan di pasaran. Jangan ragu untuk mencoba karena obat alami diare pastinya lebih aman dibandingkan dengan obat kimia. Semoga bermanfaat.

Related posts: