Tips Merawat Gigi Dan Mulut Dengan Benar

tips kesehatanMulut adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan penting baik dalam system pencernaan maupun kesehatan tubuh Anda. Pasalnya mulut menjadi jalan masuknya berbagai makanan maupun minuman yang Anda konsumsi sehingga bisa di rumah menjadi tenaga untuk Anda menjalankan aktivitas sehari harinya. Untuk itu wajar saja bila Anda harus menjaga kesehatan mulut Anda agar selalu sehat dan bisa mengonsumsi berbagai makanan yang sangat berguna untuk tubuh. Tetapi mulut juga bisa menjadi tempat masuknya bakteri maupun berbagai penyakit yang paling mudah pula. Terlebih lagi jika Anda tidak menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan benar itu bisa menyebabkan berbagai penyakit yang dapat Anda alami. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit kronis sekalipun.

Oleh karena itu Anda harus bisa merawat gigi dan mulut dengan benar agar terjaga kesehatannya. Tips yang pertama yang bisa Anda gunakan adalah rajinlah menggosok gigi, minimal dua kali dalam satu hari yakni pada saat selesai sarapan pagi dan pada saat Anda akan pergi tidur, sehingga tidak ada sisa makanan yang tertinggal saat Anda sedang tidur. Untuk menyikat gigi gunakanlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut sehingga tidak melukai gusi Anda. Setidaknya berkumurlah dengan cairan untuk berkumur seminggu sekali sehingga bisa mencegah plak dan karang gigi di mulut Anda. Biasakan makan syur dan buah yang memiliki kandungan serat tinggi seperti apel maupun wortel karena serat pada buah dan sayur tadi bisa membersihkan kotoran pada gigi Anda. Dan jangan Anda biasakan makan makanan manis atau yang memiliki kadar gula tinggi karena itu bisa merusak gigi Anda dengan mudah.

Hal-hal seperti yang sudah tertulis di atas bisa Anda gunakan untuk merawat gigi dan mulut Anda agar tetap sehat sehingga Anda juga bisa terhindar dari berbagai resiko penyakit. Untuk lebih baiknya usahakan Anda pergi ke dokter gigi 6 bulan sekali untuk memeriksakan kesehatan mulut dan gigi Anda pada ahlinya sehingga Anda bisa memiliki mulut dan gigi yang sehat seutuhnya.

Related posts: