Tips Sebelum Bermain Arung Jeram Pangalengan

arung jeram bandungKegiatan arung jeram Pangalengan merupakan salah satu kegiatan alam yang cukup berbahaya namun banyak digemari terutama oleh anak muda. Salah satu olah raga air ini menuntut kekompakan regu dalam pelaksanaannya agar terasa menyenangkan dan seru. Meskipun dalam pelaksanaannya rafter dipandu oleh pemandu profesional dan dilengkapi dengan peralatan pengaman bukan berapa rafter luput dari bahaya yang akan mengancam keselamatan. Untuk itu para rafter harus memperhatikan, mengikuti dan menghormati instruksi yang diberikan karena rafter berhadapan langsung dengan alam. Bukan tidak mungkin perahu yang ditumpangi akan berhadapan dengan undercut. Undercut merupakan arus deras yang menghantam dinding tebing atau batu sehingga menciptakan lekukan berbentuk ceruk yang relatif dalam. Rafter dapat terdorong ke dalam undercut dan kemungkinan untuk keluar kecil.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bermain Arung Jeram Pangalengan

Sebelum bermain arung jeram Pangalengan, pastikan tubuh dalam kondisi sehat karena kegiatan arung jeram membutuhkan kekuatan tubuh. Perhatikan instruksi dari pemandu dengan seksama. Hal ini berguna untuk meningkatkan kewaspadaan rafter dan juga trik dalam mengatasinya. Pastikan juga alat keselamatan yang melekat pada tubuh terpasang dengan sempurna sehingga tidak lepas ketika di perjalanan dan juga pastikan bahwa tidak ada peralatan pendukung lainnya tidak ada yang tertinggal. Amati juga kondisi cuaca, apabila cuaca dalam keadaan tidak mendukung terutama di musim hujan kemungkinan besar debit air akan meningkat sehingga semakin besar pula resiko yang dihadapi. Dan yang terakhir apabila terjatuh di area sekitar undercut, sesegera mungkin untuk melakukan offensive swimming atau berenang melawan arus dengan sekuat tenaga dan secepat mungkin untuk menjauhi lokasi undercut.

Di Pangalengan sendiri belum ada kejadian adanya seorang rafter yang terdorong masuk ke dalam undercut kecuali tersangkut dengan akar pohon. Memang disekitar arung jeram Pangalengan terdapat banyak pohon dimana akar-akarnya menjuntai ke air. Bahkan pernah mengakibatkan korban tewas, untuk itu apabila terjebak dengan akar pohon diusahakan agar tetap tenang dan segera ambil pisau untuk memotong akar. Dan untuk peserta rafter yang selamat disarankan untuk tidak menyelam karena resiko bahaya yang cukup besar.

Related posts: