Tips Terbebas Flu Di Musim Pancaroba

tips kesehatanDi saat musim pancaroba perubahan suhu udara tidak menentu sehingga membutuhkan tingkat penyesuaian yang baik bagi tubuh. Dalam kondisi seperti ini daya tahan tubuh biasanya akan menurun sehingga akan lebih mudah terserang penyakit.  Suhu udara yang tidak stabil juga memicu pertumbuhan bakteri dan virus untuk berkembang biak. Salah satu penyakit yang sering sekali muncul di saat musim pancaroba ini adalah penyakit flu. Penyakit flu ini mudah sekali ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui udara. Maka dari itu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh secara ekstra harus Anda lakukan agar tidak tertular penyakit flu.

Musim pancaroba adalah dimana orang mudah terserang penyakit baik itu penyakit berat maupun ringan untuk itu diperlukan pencegahan. Beberapa tips yang diperlukan untuk menjaga tubuh agar tidak terserang flu diantaranya adalah:

  • Hindari aktivitas yang berlebih, ketika tubuh Anda kelelahan sehingga menyebabkan badan kurang fit, virus dan bakteri flu mudah hinggap pada kondisi ini.
  • Hindari hujan. Jika Anda harus beraktivitas di laur ruangan sebaiknya gunakan mantel dan jaket atau payung agar tidak basah dan kedinginan. Air hujan yang dingin bisa menyebabkan Anda mudah terserang flu.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Jangan lupa perbanyak konsumsi buah dan sayur serta lauk yang sehat pula.
  • Perbanyak minum air putih, air putih merupakan cairan yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas dan sebagai antibodi. Bila tubuh kekurangan cairan akibatnya lemas dan tubuh mudah terserang virus flu.
  • Cuci tangan dengan sabun ketika selesai beraktivitas, bakteri paling sering menempel di tangan.
  • Gunakan masker penutup hidung ketika ada salah satu sekitar Anda terserang flu. Meskipun Anda sendiri tidak sedang terserang flu cara ini cukup efektif untuk pencegahan.
  • Bersihkan tempat tinggal Anda. bakteri mudah berkembang biak pada tempat yang kotor dan lembap maka dari itu selalu bersihkan rumah terutama kamar tidur dan kamar mandi.

Dengan melakukan tips-tips  diatas maka daya tahan tubuh  Anda akan jauh lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit flu. Demikian kumpulan tips sehat di saat musim pancaroba ini,  semoga bermanfaat dan selalu sehat!

Related posts: