Yang Perlu Diketahui Sebelum Membangun Gudang

Gudang atau warehouse adalah tempat di mana barang disimpan untuk sementara waktu sebelum nantinya dikirim lebih lanjut. Untuk membuat konstruksi gudang terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Dengan Mengetahui beberapa hal tersebut maka Anda sebagai pengusaha atau petugas gudang akan bisa menentukan pembangunan gudang. Dengan pembangunan gudang yang terukur dan terencana maka biaya bisa dihemat dan pembangunan bisa efektif sesuai kegunaan.

Volume Barang Yang Akan Disimpan

Yang pertama kali harus diketahui sebelum membangun gudang adalah volume barang yang akan disimpan atau kapasitas barang di dalam gudang. Dalam memperkirakan volume barang terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama adalah ukuran dan berat masing-masing barang, dengan mengetahui ukuran dan berat masing-masing barang yang akan disimpan maka bisa diperkirakan ukuran maksimal barang di dalam gudang.

Yang kedua adalah jenis kemasannya, jenis kemasan akan berpengaruh kepada cara menyimpan barang. Kemasan tertentu misalnya tidak bisa ditempatkan dengan posisi berdiri sehingga memerlukan ruang yang lebih luas.

Jenis Barang Yang Akan Disimpan

Setelah berhasil menghitung volume barang yang akan disimpan, sebelum memulai konstruksi gudang juga harus diketahui jenis barang apa yang akan disimpan. Jenis barang akan berpengaruh kepada pembangunan dinding atau lantainya. Barang berupa makanan misalnya yang membutuhkan suhu khusus dalam menyimpannya, harus membuat dinding yang kedap terhadap perpindahan suhu agar suh tetap terjaga. Dan masih banyak jenis barang lainnya yang mengharuskan pembangunan gudang secara khusus.

Biaya Pembangunan Yang Tersedia

Yang terakhir sebelum memulai pembangunan gudang adalah biaya pembuatan gudang yang tersedia. Jika Anda sudah mengantongi data tentang biaya gudang maka Anda bisa mengonsultasikan dengan pihak kontraktor. Jika biaya yang tersedia tidak terlalu besar misalnya, maka kontraktor akan menyarankan penggunaan baja konstruksi karena biayanya lebih murah.

Demikian beberapa hal yang harus dimiliki sebelum Anda memulai pembangunan atau konstruksi gudang. Karena gudang menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis Anda maka jangan sampai asal-asalan dalam membuat gudang penyimpanan.

Related posts:

by