Yuk Mengetahui Manfaat Dari Tanggalan Jawa

kalender jawaSetiap masyarakat di Indonesia pastilah terdiri dan berasal dari berbagai ras dan suku. Ada yang berasal dari suku Minang, suku batak dan memang kebanyakan adalah suku Jawa. Berbicara mengenai suku Jawa ini, masyarakat Jawa pasti tidak terlepas dari adat istiadat Jawa yang memang sampai saat ini masih melekat. Nah sebuah tanggalan Jawa hadir sebagai sebuah solusi bagi orang Jawa yang mungkin ingin menggunakannya untuk menentukan hari baik. Apakah Anda salah satu orang Jawa tersebut? Jika memang Anda termasuk orang Jawa maka masih percayakah Anda mengenai berbagai macam penanggalan versi Jawa. Jika memang Anda kurang percaya, maka alangkah sebaiknya Anda mengetahui manfaat besar dari apa yang namanya tanggalan atau kalender Jawa ini? Ingin tahu lebih lanjut?

Manfaat Besar Dari Tanggalan Jawa

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa memang yang namanya orang Jawa tidak terlepas dari adat istiadat mereka. Salah satu adat istiadat mereka di sini adalah masih berlakunya tanggalan Jawa bagi mereka. Jika memang Anda masih kurang percaya mengenai aturan Jawa yang berdasarkan penanggalan Jawa ini maka informasi mengenai manfaat tanggalan atau kalender Jawa perlu untuk Anda ketahui. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut : pertama, tanggalan atau kalender Jawa itu bisa digunakan untuk menentukan hari baik untuk melakukan suatu kegiatan atau suatu ritual tertentu.

Nah orang Jawa rata-rata memang masih percaya mengenai hari baik menurut kalender Jawa. Kadang kalau misalkan saja ada yang salah perhitungan mengenai tanggalan atau kalender Jawa, maka acara yang diselenggarakan pun tidak akan berjalan lancar malah ada yang hancur. Kedua, tanggalan atau kalender Jawa ini digunakan sebagai salah satu pedoman atau patokan saat ingin menikahkan putra-putri dari orang Jawa. Biasanya akan ada perhitungan weton dari keduanya yang dimana jika weton mereka cocok ya langsung lanjut pernikahan, tetapi jika tidak cocok maka alangkah baiknya diakhiri karena kalaupun tetap dilanjutkan, sebagian orang Jawa percaya maka salah satunya akan meninggal dunia. Sedangkan manfaat ketiga adalah dengan mempercayai penanggalan Jawa ini maka secara tidak sengaja Anda turut melestarikan budaya Jawa yang dimana percaya atau tidak, budaya Jawa semakin menipis akibat modernisasi. Tentunya Anda sebagai orang Jawa tidak ingin kan budaya Anda semakin menipis. Nah itu perlunya mengetahui tanggalan Jawa.

Related posts: